Wednesday 12 November 2014

Lesson of the day!

Semangat Kerja!

Menarik sekali kemarin malam belajar buku Tematik Tema 4 - Berbagai Pekerjaan untuk murid SD.
 
Entah apa yang dibayangkan oleh para cendikiawan bangsa ini atas muatan yang ada dalam buku ini.  Untuk kaum ibu yang punya anak dikelas 4 pasti senyum-senyum atau mungkin akan mengeluarkan komentar yang kurang lebih seperti yang saya keluarkan begitu membacanya ketika mendampingi siabang belajar untuk persiapan UH 4 (Ulangan Harian ke-4), "ini apa sih?" sambil mengerutkan dahi (yang memang sudah berkerut).... salah satu hal yang harus diingat oleh anak kelas 4 SD ini adalah sikap dalam bekerja. 

Yang terpikir saat harus mendampingi jagoan kecil ku hanya apakah materi ini cukup tepat untuk seorang anak kelas 4 SD? bukankah sebaiknya diberikan ketika berada dijenjang perguruan tinggi atau akademi di semester terakhir ketika bersiap-siap untuk bekerja?

Anyway, saya tidak mau membahas soal ini lebih panjang, tapi justru hal ini mengingatkan saya mengenai hal yang mungkin sesekali terlupakan pada saat kita bekerja , apa dan bagaimana harus bersikap dalam bekerja salah satunya adalah semangat kerja!

Dengan rutinitas yang begitu banyak dan menumpuk, sadar tidak sadar terkadang kita menjalani tugas atau pekerjaan seperti robot yang melakukan pekerjaan dengan rutin dan monoton tanpa variasi, belum lagi kalau sedang dilanda tekanan yang luar biasa dari atas atau bawah, biasanya tambah tidak bersemangatlah kita terhadap pekerjaan kita.

Mengutip salah satu kalimat yang pernah saya baca di facebook seorang teman mengatakan "kalau ingat tanggal 25 mau datang, rasanya sayang kalau kerjaan ditinggalkan, jadi harus Semangat!"

Nah, buat teman-teman yang mungkin lagi kurang atau bahkan tidak semangat dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan, berikut tips versi saya pribadi yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk jadi penyemangat:

  • Kerja itu harus selalu diingat sebagai berkat atau anugerah yang harus kita syukuri karena bisa mengaplikasikan ilmu yang kita dapat di bangku sekolah atau setidaknya menyalurkan hobi / minat / kesukaan kita.  Menyadari bahwa dari sekian puluh atau ratusan pelamar yang ingin meraih posisi kita saat ini  dan perjuangan dengan keringat air dan darah, tidak ada alasan untuk tidak mensyukuri apa yang kita dapatkan hari ini.
  • Pada saat dimana semangat itu seperti hilang diserap malam, ingatlah hal-hal baik, manis, bahagia selama kita bekerja termasuk si tanggal 25 itu, mudah-mudahan maknyus hasilnya.
Sebetulnya masih banyak lagi yang lain, tapi kalian semua bisa baca dengan googling saja ya.

Akhir kata, kalau Pak Jokowi bilang sekarang waktunya kerja, kerja dan kerja! kalau saya lebih memilih untuk juga menyebutkan semangat, semangat, semangat! karena kerja tanpa semangat itu ibarat sayur tanpa garam, bahagia tanpa ekspresi dan sejenisnya.

Hari sudah malam dan besok harus bangun dengan Semangat karena pekerjaan sudah menanti lagi di kantor!


- Semangat dan Tetap Semangat!

No comments:

Post a Comment